Jumat, 30 September 2011

Tutorial singkat Photoshop


Untuk tulisan kali ini saya kan mencoba memberikan bebrapa tutorial mengenai Photosop Cs 5 yang pernah saya pelajari, dalam tutorial pertama yang saya berikan ini kita kan mencoba membuat bola 3D dengan hanya mengunakan dodge and Burn tool yang tersedia didalam photoshop.

Step 1
Buatlah sebuah Layer Baru, pilih Layer>New>Layer atau pencet tombol Shift+Ctrl+N kemudian pilih Eclipse Marquee Tool dan buatlah sebuah lingkaran,tekan tombol shift  untuk membuat lingkaran yang sempurna.
Pilih warna abu-abu , kemudian Klik kanan lingkaran kemudian pilih fill pada tab contents pilih foreground Color kemudian klik OK sehingga muncul gambar lingkaran  berwarna abu-abu .

Step 2
Kita akan memberikan efek 3D pada lingkaran oleh karena itu pilih lah menu Burn Tool , Jangan lup atur ukuran Brush,Range dan Exposurenya.
                   
Kemudian gunakanlan Burn tool di sekitar  lingkaran sehingga terlihat bayangan di sekitar lingkaran.



Bola dengan Burn Tool

Gunakan Burn tool untuk membuat gambar lingkaran seperti diatas.
Bola setelah digunakan dodge tool
 
Ganti menu Burn Tool menjadi Dodge Tool , gunakan tool tersebut sehingga gambar lingkaran terlihat seperti Bola yang memantulkan cahaya di permukaannya

 
Step 3
panel Layer
Kemudian pilih Layer>Layer Mask>Reveal All untuk membuat layer mask. Ganti marquee Tool menjadi Gradient Tool 
Buatlah sebuah layer baru , kemudian dengan menggunakan Marquee Tool buatlah sebuah eclipse yang menyerupai bayangan bola. Tekan Alt+BackSpace untuk membuat lingkaran terisi oleh warna hitam atur opacity nya menjadi 50% pada panel layers.

Kemudian tarik lah garis dari kanan sampai kekiri pada bayangan bola sehingga akan membuat bagian kanan dari bayangan menghilang.

Bola dengan Layer Mask




Sekian tutorial singkat dari saya semoga dapat membantu anda dalam mempelajari photoshop Cs 5.
Referensi : Calvin,Steve, 100% Photoshop,Focal press ,2010

Tidak ada komentar:

Posting Komentar